Thursday, January 28, 2010

Dana Abadi HIMALS4 Bank Mandiri, no AC 103.0003337777

Tidak ada organisasi yg tidak membutuhkan dana, HIMALS4 tidak terkecuali, dan dana itu didapat umumnya dari iuran anggota, atau donasi/bantuan dana yang tidak mempunyai ikatan. Namun kalau dilihat program kerja HIMALS4 yang cukup besar, rasanya dana urunan anggota terlalu kecil untuk itu, dan tinggal dana donasi dari donatur angkatan, terutama dari alumni yang telah berhasil dalam karir nya.

Namun, ini juga tidak bisa diandalkan. Siapa yang mau memberikan donasi terus menerus? Umumnya program yang dibiayai berdasarkan donasi, tidak akan berlaku langgeng. Oleh karena itu, ada beberapa tekad dalam program HIMALS4 kali ini, yaitu mencari dana melalui usaha, dan menuju pada pengumpulan dana abadi, agar aktifitas suatu hari nanti sebagian dapat dibiayai oleh dana abadi.

Kemudian dibentuklah bidang usaha, yang dapat membentuk unit usaha, atau apapun yang dapat menciptakan pendapatan untuk organisasi. Kegiatan komersial ini tidak saja melibatkan alumni, tapi juga non alumni, dan akhirnya masyarakat pada umumnya.

Pernah dalam suatu pidato di SMA4 jl Batu, kepala sekolah Soemardjo (2008) menginformasikan, bahwa alumni SMA 1 adalah alumni yang paling solid di Jakarta, karena alumni nya mampu menghimpun dana sebesar 1 Milyar untuk sekolah nya. Bila diselidiki, ternyata dana tersebut hanya berasal dari satu orang, yaitu alumni SMA1 yang menguasai bisnis media, bukan dari banyak alumni. Lihat lagi SMA 3, mendapat dorongan dana cukup besar dari keluarga Bakrie, karena memang mereka adalah alumni sekolah tersebut. Bagaimana dengan SMA 4?

Berbeda dengan yang disebut sebelumnya, alumni SMA4 menghimpun dana (donasi) dari banyak angkatan yang akhirnya memberikan kekuatan untuk membentuk program beasiswa (siswa asuh) seperti sekarang ini. Partisipasi banyak angkatanlah yang menyebabkan program ini bisa berjalan dengan baik.

Tapi, seperti yang dijelaskan diatas, dana tersebut tetap dikumpulkan dalam bentuk donasi, berdasarkan "solidaritas", tanpa suatu kepastian pendapatan yang tetap, sehingga jaminan kelanggengan program HIMALS4 tidak ada sama sekali. Akhirnya arahnya, tetap mencari sumber dana yang pasti, antara lain adalah menghimpun dana abadi.

Disinilah peranan para advisor atau konsultan dalam kepengurusan HIMALS4, mereka adalah para individu yang telah berhasil dan mempunyai pengalaman banyak dalam bidang bisnis, serta dapat membantu Ketua Umum dan bidang lainnya, untuk mendorong, menyarankan, membuka pintu, menasehati, sehingga bisa terbentuk suatu sinerji untuk mendapatkan hasil yang nyata. Para konsultan ini haruslah mereka yang dekat dengan Ketua Umum, sehingga memudahkan komunikasi, dan diyakinkan dapat berfungsi sebagai katalisator positif, tanpa harus mempunyai tanggung jawab dalam sebuah bidang kegiatan tertentu. Mereka, diyakini oleh kami, dapat membimbing HIMALS4 secara lebih aktif kearah tersebut.

Untuk keperluan tersebut HIMALS4 telah membuka pundi untuk dana abadi, berupa rekening di Bank Mandiri, no AC 103.0003337777, atas nama HIMALS4/Yuliarso Suroyo (bendahara).Berapapun donasi yang diberikan, akan ditampung pada rekening ini untuk menjadi dana tumpuan bagi kegiatan HIMALS4 di masa mendatang.

Oret-oretan ini mudah-mudahan dapat membuka fikiran rekan-rekan alumni 4 yang ingin membantu kegiatan himpunan alumni SMA4 untuk menjadi lebih baik, dan suatu saat nanti, menjadi yang terbaik. Kepada semua alumni, mohon dukungannya !

Wassalam,
Pengurus HIMALS4

No comments: